Skip to main content

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

   MALAM UNTUK PRINT
        Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet.
Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print).
Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri.



Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri.

MALAM PRINT BATIK

BAHAN-BAHAN;
Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di Bawah ini;
1. Gondo = 5 kg
2. Micro = 5 kg
3. Damar = 9 kg
4. BBM= 3 kg
5. M3 = 2 liter
6. Tiner =2 liter dan,
7. Malam KN = 2 kg + Bensin 4 liter,
Ukuran ini untuk menghasilkan malam print menjadi 30 kg. Sobat bisa mengurangi dan menambah sendiri nantinya untuk  KG nya.

PENGOLAHAN MALAM PRINT;
Untuk mengolah bahan-bahan tersebut di perlukan tong ukuran kecil atau yang lainnya (bila membuat dalam jumlah sedikit-->panci), kompor atau kayu juga bisa dan yang paling penting nyala api harus stabil,




Pengolahan malam print

Baiklah....langkah selanjutnya ialah;
1. Jika api sudah siap, maka masukkan bahan-bahan seperti; Gondo, Damar, Micro, BBN dan Malam Kn ke dalam tong (satu persatu bisa di mulai dari Gondo dulu atau yang lainnya).

2. Perhatikan untuk nyala api bila menggunakan kayu bakar, sebaiknya menggunakan kompor gas supaya nyala api bisa stabil.

3. Jika sudah mendidih maka kotoran dari malam akan terangkat ke atas, maka ambil menggunakan serok kawat kotoran tersebut, ulangi beberapa kali hingga terlihat bersih diatas permukaan malam.

4. Tunggu hingga semua bahan-bahan meleleh kurang lebih 4-5 jam, diaduk -aduk dan jika sudah mencair semuanya, kemudian  di angkat Tong yang berisi malam tersebut.

5. Setelah malam menjadi dingin, langkah selanjutnya adalah memasukkan Tiner dan M3 ke dalam tong malam dan kemudian di aduk dengan menggunakan mex'ser sampai merata.

6. Setelah rata dalam mengaduk malam dalam tong, kemudian tong yang berisi malam tersebut di tutup selama satu malam.

7. Nah...ke esok harinya tuangkan bensin ke dalam tong tersebut, kemudian di mex'ser lagi hingga rata. Nah....sekarang sudah selesai untuk langkah pembuatan malam print untuk batik colet. Jika sobat ingin mengetahui dalam proses print malam bisa membacanya disini→Proses Print Malam Batik


Demikianlah informasi tentang bahan dan pembuatan malan print, jika sobat belum begitu paham ataupun ada saran kami persilahkan untuk memberikan komentarnya di bawah, dan tidak lupa pula ucapan terimakasih atas kunjungan ke blog sederhana ini, #Salam Batik Colet.


Comments

  1. Terima kasih..artikel yang sangat bagus.. Maaf mau nanya untuk takaran m3 dan tiner nya brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tiner dan M3 masnya mau buat berapa kg? Untuk contoh di atas adalah 5kg satu tiner ukuran sedang

      Delete
    2. Jadi untuk ukuran tiner dan M3 diatas adalah 1kg. Sobat +Erlangga bisa mengurangi nantinya bila ingin membuatnya. (Bisa berkreasi sendiri). Terima kasih kunjungannya

      Delete
    3. berarti untuk takaran ukuran di atas m3 1kg. tiner 1kg ya pak..? Sama2 pak..kebetulan saya pengen mendalami tehnik print malam ini..mohon bimbinganya pak..

      Delete
  2. Terima kasih, artikel yang sangat bagus,,mau nanya untuk takaran m3 dan tinernya berapa ya?

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu postingannya mas, trimakasih

    ReplyDelete
  4. ngomong-ngomong kang handoko punya home industri sendiri ya untuk produksi batik... nancep nih ilmunya dituang dalam sebuah blog... unik ini... keren...keren... :D

    ReplyDelete
  5. nanti bisa buat ngecet berapa lembar kain batik tuh mas malamnya?

    ReplyDelete
  6. Tksh blognya mas.
    Klu bs tahu dmn ya beli malam dingin? Apa mas dwi jual juga?
    Klu ngga salah malam dingin hrs selalu ditutup ya spy jgn mengental/mengeras?
    Klu sdh mengeras campur apa spy encer, thinner atau bensin?

    Maaf bnyk pertanyaan.
    Klu mas berkenan, kt WA an, krn sy rcna buat belajar batik colet.

    Ini WA sy 08566515583

    Tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bensin mas. Di warna jaya (pulau Batanta denpasar bali. Saya hannya beli bahan2nya kemudian di olah

      Delete
  7. Salam mahu tanya BBN,M3,MALAM KN TU APA

    ReplyDelete
  8. Mau tanya mas, Micro itu yg seperti apa ya barangya atau adakah nama lain dr Micro?

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat menarik. Mas Dwi, kalau boleh bertanya, saya masih belum paham apa itu;
    1. BBM,
    2. M3, dan
    3. Malam Kn.

    Apakah bahan2 tersebut mudah didapat? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di warna jaya p.batanta denpasar bali

      Delete
  10. SALLAM, mas kami masih awam dengan semua bahan tersebut diatas, apakah bisa di sertakan contoh gambar/ilustrasi dari bahan2 bahan diatas. terimakasih.
    wassalam

    ReplyDelete
  11. artikal yang bagus..Boleh terangkan apakah bahan BBM dan Malam KN..terima kasih

    ReplyDelete
  12. BBM dan M3 tu sebenarnya bahannya apa?

    ReplyDelete

Post a Comment

ARTIKEL TERKAIT

MEMBUAT WARNA UNTUK GOLD

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif dan Warna dari Batik Colet. Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara Membuat warna untuk Gold.
Warna gold atau bahasa umumnya lebih di kenal dengan warna kuning keemasan.





Di dalam pembuatan batik colet, mengenal Warna merupakan faktor yang begitu penting, dan tentu saja selain faktor-faktor yang lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan mengetahui tentang warna akan mempermudah Sobat dalam hal profing Warna-warna untuk Kedepannya, (Bagaimana untuk Ukurannya, serbuk dasarnya dan berapa liter untuk setiap gramnya). Jika sobat ingin mengetahui tentang warna dari jenis Remasol ini, bisa membacanya di sini; Warna Jenis Remasol.



Nah...untuk bisa menghasilkan warna gold ini di butuhkan dua warna serbuk dasar dari jenis remasol di antaranya FG (kuning) dan 3R (merah). Dan untuk contoh warna dari gold ini, sobat bisa melihatnya seperti pada gambar di bawah ini;

WARNA GOLD UNTUK BATIK COLET

Setelah mengetahui Warna D…

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami telah merangkum tentang warna-warna yang bisa di gunakan dalam pembuatan Batik Sarung  pantai, Batik colet. Supaya bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, dan Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.



Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis

MENGENAL WARNA JENIS REMASOL

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik sarong pantai ataupun Batik colet. Nah... Untuk Kesempatan kali ini kami ingin berbagi postingan tentang cara mengenal warna-warna dari jenis Remasol, yang nantinya bisa di pergunakan untuk pewarnaan batik colet.




Di dalam pembuatan seni batik colet tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam jenis warna seperti; Direk, polkatif, remasol dan yang lainnya. Di sini kami khususkan, hanya pada jenis remasol saja.

Dan Untuk mengetahui warna-warna dari jenis remasol ini, sobat bisa melihat beberapa contoh dibawah ini, (dan perlu di ketahui hanya untuk warna-warna yang biasa di pakai dalam proses pembuatan batik colet saja);

WARNA-WARNA DARI JENIS REMASOL;



1. FG {KUNING};
FG adalah bahan dasar dari jenis remasol yang berwarna kuning. Jadi jika sobat ingin membuat warna menjadi kuning yang di butuhkan cukup FG saja. Kecuali untuk membuat warna cream bisa memakai dua jenis warna dasar remasol seperti; FG da…

BUAT WARNA MERAH BATIK COLET

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik colet. Nah...Untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang cara membuat warna merah untuk batik colet. Di dalam pembuatan batik, khususnya batik colet yang menggunakan warna dari jenis remasol tentu yang harus di ketahui adalah tentang warna-warna dasarnya terlebih dulu.



Nah...Untuk jenis remasol terdapat beberapa warna dasar seperti; BB, BN, 2R, KNR, 5R, BNH, FG, 3R, RB, GR, dan TQ. Nah...untuk warna dasar ini yang perlu di ketahui dan di pahami bila ingin membuat batik colet. Kenapa demikian? Karena Warna merupakan kombinasi perpaduan yang bisa membuat suatu batik menarik dan unik. Jika sobat ingin mengetahui proses mencampur warnanya silahkan membacanya di sini→ PROSES PENCAMPURAN WARNA .

             WARNA MERAH BATIK COLET

Di dalam membuat atau mencampur warna hingga menjadi warna merah di butuhkan warna dasar tiga. Di antaranya RB, 3R, dan GR. Meskipun demikian bisa juga menggunakan satu warna dasar saja yaitu…