Skip to main content

MENGENAL TENTANG BATIK COLET

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan kami, blognya Motif-motif Batik colet dan sarong pantai. Dan pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi dan memperkenalkan tentang Batik colet. Sebelumnya kami juga telah mengulas tentang batik colet motif Hibiscus tribal, jika sobat ingin mengetahui informasinya silahkan membaca di sini→ MOTIF HIBISCUS TRIBAL. Dan di bawah ini adalah satu contoh gambar dari batik colet;

                      MOTIF HIBISCUS KAMBOJA

Pada dasarnya untuk pembuatan batik colet di perlukan beberapa tahapan, jika sobat ingin mengetahuinya silahkan menyimak gambaran dari langkah berikut ini;

1. PEMBUATAN DESAIN (MOTIF);
Dalam pembuatan motif di perlukan kertas mika dan tinta, gunanya untuk menggambar dari motif yang akan di buat seperti contoh di atas.

2. ABDREK;
Kemudian selanjutnya di abdrek atau di buat film gambarnya, yang harus di lakukan pada ruang tertutup dan gelap. Sebelumnya harus membuat plangkan untuk tempat film gambar yang harus di beri bahan supaya film bisa menyatu. Tunggu sekitar empat jam atau lebih, kemudian plangkan tersebut di ambil dan di jemur sebentar dan di siram menggunakan selang air yang cukup deras. Selanjutnya di kontrol bila ada bocor pada plangkan {skikrin} yang sudah jadi tersebut. Dan selanjutnya persiapan skikrin.

3. PRINT MALAM;
Langkah selanjutnya persiapan pada meja print untuk menggukur panjang kain yang akan di gunakan dan persiapan malam (lilin). Selanjutnya tuangkan malam pada skikrin sesuai ukuran dan pada meja print di beri kain, tujuannya untuk mencetak batik tersebut. Pekerjaan ini harus di lakukan oleh dua orang. Setelah di garuk skikrin pada kain kemudian di angkat dan di gantung. Hal ini tidak bisa langsung di pakai (colet) tunggu hingga satu hari.

4. PERSIAPAN COLET;
Nah...ini yang menjadi jantungnya batik, khususnya batik colet. Langkah awal yang perlu di persiapkan ialah memasang kain yang sudah di print malam pada sebuah plangkan khusus colet, di mana pada setiap sisi pinggir di beri karet dan peniti. Tujuannya ialah agar kain yang di pasang pada plangkan tersebut menjadi kencang.

Dan langkah kedua mempersiapkan warna yang akan di butuhkan pada motif tersebut, dan tak lupa alat berupa sepon khusus untuk menuangkan warna pada kain. Disinilah di butuhkan ketrampilan, mengerti tentang warna, dan telaten. Karena jika salah sedikit saja atau antara warna satu dengan warna lain bertemu bisa di bilang rijek.

Selanjutnya di mulai dengan mengisi warna dari bungga dulu atau daun (dengan kata lain) harus warna yamg mudah terlebih dahulu, ini bukan tampa sebab tujuannya ialah bila terjadi rijek nantinya lebih mudah dalam menservisnya.

Bila semua telah di isi selanjutnya memberi warna dasar atau di blok. Di sini juga harus di tuntut untuk mengetahui ukurannya, jangan terlalu kering memberi warna, kenapa? Jika terlalu kering bisa membuat warna pada kain menjadi belang-belang. Juga jangan terlalu basah, kenapa? Ini bisa bertemu antara warna blok dan isi, yang berakibat menjadi rijek.

Di sinilah dituntutnya sebagai pemberi warna (colet) pemahaman tentang warna, kenapa harus begitu? Satu contoh saja jika sebuah isi bungga berwarna hijau, sedangkan warna dasar berwarna TQ, bila kedua warna tersebut bercampur maka akan menjadi warna hijau rasta atau bila warna kuning bercampur dengan TQ maka akan menjadi warna hijau dan begitu seterusnya.

Setelah pewarnaan selesai selanjutnya kain tersebut di jemur sampai kering. Dan sebelum di beri waterglass atau pemati warna, calon dari batik colet tersebut tidak boleh terkena air walau satu tetes, ini bisa membuat rijek untuk selanjutnya. Bisa di perbaiki namun mengulang lagi dari awal.

Demikianlah sedikit gambaran dan informasi tentang batik colet, jika sobat memiliki pertanyaan dan saran kami persilahkan memberi komentar di bawah. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. #salam batik colet.

Comments

Popular posts from this blog

SARUNG PANTAI MOTIF TIARE GARIS

SARUNG PANTAI
     Hi...sobat, gimana kabarmu saat ini? Semoga saja selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin.
Untuk postingan kali ini kami ingin memperkenalkan tentang Sarung pantai Motif Tiare garis.

Adapun Sarung pantai adalah batik yang di buat dengan menggunakan metode colet, nah.. tentunya sobat penasaran, Apa sih colet itu? Nah...Sebelum melangkah pada topik selanjutnya, ada baiknya sobat mengenal terlebih dulu tentang batik colet di sini;→Mengenal tentang Batik Colet

Untuk Sarung pantai motif tiare garis ini di buat dengan menggunakan print malam, jadi apabila sobat ingin mencari motif yang menggunakan canting tentu di blog ini tidak tersedia, karena kesemua motif yang ada pada blog ini menggunakan print malam.

Adapun untuk contoh gambar dari sarung pantai tiare garis sobat bisa melihatnya seperti di bawah ini;

     MOTIF TIARE GARIS; TQ SHE

Motif ini menggunakan warna dasar atau Blok berwarna Turkis she, dan untuk tiare memakai Air dan warna Abu. Sedangkan warna tangkai menggunaka…

KETENTUAN TALAK DAN IDDAH

Assalamualaikum sahabat,
Artikel yang sederhana ini dengan judul Ketentuan Talak dan Iddah,kami telah merangkum postingan ini untuk sobat baca dan bisa ambil informasi yang ada di dalamnya. Dan Semoga saja isi postingan ini bisa sobat pahami, dan nikmati dengan baik. Ok selamat membaca!
Ketentuan talak dan iddah →Didalam agama islam talak adalah sebuah istilah yang berarti perceraian antara suami dan istri,
→Dan menurut islam talak adalah melepaskan atau mengurai tali pengikat baik itu bersifat kongkrit  seperti tali pengikat kuda, maupun bersifat abstrak seperti tali pengikat pernikahan, talak juga berarti memutuskan ikatan dengan suami.

Sedangkan pengertian talak  menurut ulama mazhab syafi'i : talak adalah pelepasan akad nikah dengan lafal  talak atau yang semakna dengan itu. Sedang menurut ulama maliki, pengertian talak adalah suatu sifat hukum yang menyebabkan gugurnya kehalalan hubungan suami istri.



HUKUM TALAK MENURUT PARA ULAMA
Sedang hukum talak menurut  imam hambali dan ha…

RESEP WARNA UNTUK PINK JAMBU

Hi...sahabat, jumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Colet, untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat Warna Pink Jambu, yang mana nantinya bisa di pergunakan dalam pembuatan Batik colet atau Batik sarung pantai.

WARNA PINK JAMBU BATIK

Untuk membuat warna batik yang akan menghasilkan warna pink jambu di butuhkan dua serbuk warna dasar untuk jenis remasol diantaranya ialah RB dan FG. Nah...di sinilah inti dalam pencampuran warna-warna untuk remasol. Sebelumnya bagi yang belum mengetahui tentang warna dari jenis Remasol ada baiknya untuk membaca postingannya di sini; Warna Jenis REMASOL

Setelah mengetahui tentang warna serbuk dasar, selanjutnya adalah menentukan ukuran pada masing-masing warna {FG dan RB}. perlu di perhatikan juga dalam menentukan Ukuran harus hati-hati, mengapa demikian? Karena bila geser 1/4 gram saja maka untuk warna akan berubah.

Untuk ukuran di bawah ini menggunakan satu Resep saja yaitu satu liter Air. Dan ukuran ini …

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

MALAM UNTUK PRINT
        Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet. Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print).

MALAM PRINT BATIK

Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri.

Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri.

BAHAN-BAHAN;
Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di Bawah ini;
1. Gond…

RESEP WARNA ASTER PURPLE TO BATIK

Hi...sobat, untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara pencampuran warna dari jenis remasol, hingga menghasilkan warna Aster Purple.

Di dalam pembuatan batik colet atau sarung pantai tentu saja warna merupakan faktor utama, oleh karena itu bagi sobat yang baru terjun dalam Dunia Batik colet ada baiknya untuk mempelajari terlebih dulu tentang warna-warna serbuk dari jenis remasol, di antaranya sobat bisa membaca di sini;→Jenis Remasol

Langkah untuk bisa menghasilkan warna Aster purple di butuhkan serbuk dasar dari  KNR dan RB. Nah...jika sobat sudah membaca tentang postingan di atas tentu sudah mengetahui, apa itu KNR dan RB? Dan Untuk hasil dari kedua jenis serbuk tersebut seperti pada gambar di bawah ini;

WARNA ASTER PURPLE BATIK

Setelah sobat mengetahui serbuk warna dasarnya, selanjutnya adalah menetapkan Ukuran pada setiap serbuk warna dasar dari KNR dan RB. Dan di bawah ini adalah untuk ukuran satu Resep {satu Liter Air};
KNR = 2 gram
RB = 1/2 gram

Apa…

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami merangkum tentang warna-warna khusus pembuatan sarong batik pantai, untuk bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.

Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis
7. P.BNH=Violet
8. R. RB= pink
8. R. BB= Hit…

RESEP UNTUK WARNA KUNIR BATIK

Hi...sobat, untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang cara membuat warna, atau resep untuk warna kunir, yang mana nantinya bisa di pergunakan dalam pewarnaan untuk Batik colet jenis Remasol.

Di dalam mencampur warna untuk bisa menghasilkan warna kunir di butuhkan sedikitnya tiga warna dasar dari jenis remasol yaitu; FG, GR dan BNH. Nah...sebelumnya bagi yang belum mengetahui dan memahami tentang warna-warna dari jenis remasol, kami persilahkan untuk membaca postingan tentang jenis remasol di sini;→Mengenal Warna Jenis Remasol

Setelah mengetahui tentang jenis remasol, langkah berikutnya ialah sobat harus mengetahui untuk Ukuran pada setiap warna dasarnya. dan untuk patokan jika sobat sedang profing untuk warna kunir, bisa membuatnya seperti gambar di bawah ini;

WARNA KUNIR BATIK

Ini adalah ukuran per gramnya dan hanya di gunakan untuk satu resep saja yaitu;
FG = 8 gram
GR = 7 gram
BNH = 1/4 gram
Ukuran ini di isi dengan Satu liter air, dan hasilnya seperti gambar di ata…

RESEP WARNA BIRU CERAH BATIK

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik colet, dan untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat warna biru cerah yang nantinya bisa di pergunakan dalam proses pembuatan Batik colet.

Nah...Dalam pembuatan Batik colet ini, untuk warna dasarnya menggunakan warna dari jenis Remasol. Apa itu Remasol?, jika sobat belum mengetahuinya sobat bisa membacanya di sini;→ Mengenal jenis warna Remasol

Untuk bisa menghasilkan warna menjadi Biru cerah seperti contoh gambar di bawah ini, di butuhkan tiga warna dasar dari remasol di antaranya adalah; KNR, 2R, dan BB.

WARNA BIRU CERAH BATIK

Setelah mengetahui warna dasar untuk menghasilkan warna biru cerah, langkah selanjutnya adalah sobat harus mengetahui ukuran pada masing-masing warna dasar tersebut. Dan Di bawah ini merupakan ukuran dari gambar di atas;
KNR = 15 gram
2R = 2 gram dan
BB = 1/4 gram
Selanjutnya di Isi dengan mengunakan air sebanyak satu liter.

Jadi ukuran di atas adalah untuk sa…

10 MACAM KASIH SAYANG

KASIH SAYANG     Artikel yang sederhana ini dengan judul SEPULUH MACAM KASIH SAYANG, kami telah merangkum artikel ini untuk sobat baca dan bisa ambil isi informasi di dalamnya, dan semoga saja bisa menjadi motivasi untuk kehidupan selanjutnya.
Kasih sayang tidaklah cukup untuk di ketahui pengertiannya saja, pribadi ini sangat perlu untuk di pahami dengan baik dan di terapkan dalam kehidupan keseharian. Memang pribadi ini begitu terkenal dan semua orang  mengerti tentang kasih sayang, Akan tetapi pribadi jenis ini hampir punah dalam kehidupan manusia. Akibat terburuk jika kasih sayang telah hilang ialah akan menimbulkan kejahatan merata di Muka Bumi ini. Untuk itu mari bersama-sama belajar tentang pribadi ini, untuk bisa di terapkan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan. Di bawah ini ada sepuluh macam kasih sayang yang perlu sobat ketahui diantaranya;

SEPULUH MACAM KASIH SAYANG
→ KASIH SAYANG KEPADA TUBUH KITA Segala sesuatu haruslah di awali dari diri, bagaimana kita akan menyayangi or…

RESEP WARNA HIJAU RASTA BATIK

Hi...sobat, pada kesempatan yang baik ini kami ingin berbagi postingan tentang Pencampuran warna atau Ukuran resep untuk warna hijau Rasta, yang mana nantinya bisa di pergunakan dalam pembuatan Batik colet atau Batik sarung Pantai, dan untuk warna dasar yang di gunakan adalah dari jenis Remasol.

Di dalam pecampuran warna untuk Batik colet (jenis Remasol) ini, tidaklah begitu rumit, hanya saja di perlukan sedikit pengetahuan tentang Warna Remasol seperti; KNR, FG, BB, dan seterusnya. Selain itu faktor yang cukup penting ialah sobat harus mengetahui untuk ukuran dalam gram pada setiap jenis warna Dasar (Warna Remasol). Untuk lebih memahami tentang warna-warna dari Remasol ini, sobat bisa membaca di sini;→ Mengenal Warna Jenis Remasol

Untuk bisa menghasilkan warna menjadi Hijau rasta di butuhkan tiga warna dasar dari remasol yaitu; FG, TQ dan BB. Sobat nantinya bisa menambah atau mengurangi untuk Ukuran dalam jumlah gram'nya saja. Dan di bawah ini adalah satu contoh gambar dari …