Skip to main content

BATIK COLET MOTIF GECKO SERIBU

Hi...sobat, gimana kabarnya hari ini? Semoga saja selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin. Senang rasanya bisa berbagi kembali melalui postingan yang sederhana ini, yang kami beri judul Batik Colet motif gecko seribu. Tentu ada alasannya kenapa di beri nama gecko seribu, ya kan?...kemungkinan geckonya dalam jumlah banyak atau hanya mempermudah untuk menyebutkannya.

Sepertinya rahasianya ada pada desainer dan bagian pemberi nama. Baiklah mari kita lanjut ke topik selanjutnya, jika mengulas tentang batik colet tentu tidak jauh dari membahas soal warna, motif dan lilin{malam}, karena ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisah. Dan tentu saja batik juga memiliki jenis dan motif yang berbeda pada setiap daerah. Jadi tak perlu binggung dalam pembuatan dan prosesnya antara batik colet dengan batik TD, stamp, celup, besut ataupun batik tulis.






Di sini kami hanya memperkenalkan tentang batik colet saja, atau jika sobat tertarik ingin mengetahui tentang pembuatan batik colet, silahkan meluncur di bawah ini;
Belajar membuat batik colet.

                  BATIK COLET MOTIF GECKO

Sketa Gambar di atas merupakan satu contoh dari batik colet, bagaimana menurut sobat?
Pada warna dasar{blok} untuk motif di atas menggunakan Hijau Anis, sedangkan hibiscus kamboja menggunakan empat warna yaitu Kuning, orange, pink tua dan lavender. Untuk warna gecko sama dengan warna hibiscus. Untuk Batik colet ini menggunakan print malam, yang merupakan andalan di tempat kami jadi kreasi yang dihasil untuk produksi ini akan lebih cepat, rapi dan indah.

Nah...Demikianlah sedikit informasi tentang batik colet, bila sobat memiliki pertanyaan atau saran kami persilahkan untuk memberikan komentarnya di bawah. Dan tak lupa kami ucapkan terima-kasih atas kunjungannya. #Salam batik

Comments

ARTIKEL POPULER

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami merangkum tentang warna-warna khusus pembuatan sarong batik pantai, untuk bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.

Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis
7. P.BNH=Violet
8. R. RB= pink
8. R. BB= Hit…

BERAPA GRAM UKURAN WARNA PARADISE GREEN BATIK

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya motif dan warna untuk batik colet sarung pantai, dan untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Ukuran gram yang menghasilkan warna untuk Paradise green.

Untuk bisa mendapatkan warna dari paradise green di butuhkan setidaknya dua warna serbuk dasar dari jenis remasol. Nah..sebelum mengetahui ukuran dalam gram ada baiknya bila sobat mengetahui tentang warna-warna dalam remasol disini, Warna Untuk Remasol.
Setelah mengetahui warna dari remasol akan lebih mudah untuk membaca postingan ini.

Selanjutnya warna serbuk apa saja yang bisa di gunakan untuk menghasilkan warna paradise green?, warna serbuk dasarnya adalah FG untuk Kuning dan TQ (turkis). Sedangkan untuk contoh gambarnya seperti di bawah ini;

WARNA DARI PARIDISE GREEN

Langkah selanjutnya adalah menetapkan Ukuran pada masing-masing warna serbuk dasar. Dan untuk ukuran di bawah ini adalah menggunakan Dua Resep atau Dua liter air. Jadi ukurannya adalah;
FG = 2 gram
TQ =2 gram , …

RESEP WARNA MOTIF TIARE ABSTRAIT

Hi...sobat, untuk postingan kali ini kami ingin memperkenalkan Bagaimana cara dalam membuat warna untuk motif tiare abstrait. Dan untuk jenis warna yang di pergunakan adalah jenis Remasol.

Di dalam pembuatan Batik colet atau sarong pantai untuk motif ini menggunakan kain dengan ukuran panjang 2,10 meter dengan lebar 90 cm, di mana dalam pembuatannya menggunakan teknik Colet. Adapun untuk Motif tentu banyak ragam dan pilihannya tinggal sobat pilih saja mana yang di suka. Atau ingin membuat sendiri di rumah?, tentu saja bisa tinggal mempersiapkan bahannya, seperti kain, Motif, warna, plangkan untuk mewarna, sepon, waterglass {pem@ti warna, softener} atau ingin lebih jelasnya bisa membacanya disini; Belajar Membuat Sarong Pantai.





Di dalam pencampuran warna untuk jenis remasol ini terdapat beberapa kode dasar untuk setiap jenis warna sebagai contoh untuk Kuning adalah FG, merah adalah 3R, Hitam adalah BB dan seterusnya. Namun tidak sampai di situ saja dalam mengenal tentang  pencampura…

MENGENAL WARNA JENIS REMASOL

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik sarong pantai ataupun Batik colet. Nah... Untuk Kesempatan kali ini kami ingin berbagi postingan tentang cara mengenal warna-warna dari jenis Remasol, yang nantinya bisa di pergunakan untuk pewarnaan batik colet.





Di dalam pembuatan seni batik colet tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam jenis warna seperti; Direk, polkatif, remasol dan yang lainnya. Di sini kami khususkan, hanya pada jenis remasol saja.

Dan Untuk mengetahui warna-warna dari jenis remasol ini, sobat bisa melihat beberapa contoh dibawah ini, (dan perlu di ketahui hanya untuk warna-warna yang biasa di pakai dalam proses pembuatan batik colet saja);

WARNA-WARNA DARI JENIS REMASOL;

1. FG {KUNING};
FG adalah bahan dasar dari jenis remasol yang berwarna kuning. Jadi jika sobat ingin membuat warna menjadi kuning yang di butuhkan cukup FG saja. Kecuali untuk membuat warna cream bisa memakai dua jenis warna dasar remasol seperti; FG da…

RESEP WARNA UNTUK MOTIF GECKO TRIBAL

Hi...sobat, untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang resep untuk warna dari motif gecko tribal. Di mana motif ini merupakan desai dari omar cadana (Boushra Batik).

Di dalam pembuatan motif dan warna untuk gecko tribal ini alat yang digunakan adalah dari print malam atau malam dingin (batik print), jadi tidak mengunakan print warna, tapi mengunakan colet warna. Dan warna yang di pakaipun menggunakan warna dari jenis Remasol.

Di sini kami hanya membahas untuk resep dari gecko tribal saja. Nah....jika sobat ingin mengetahui tentang proses dari warna batik colet bisa membacanya di sini; Proses warna Batik Colet .
Untuk contoh desain gambar sobat bisa melihat seperti di bawah ini;

MOTIF GECKO TRIBAL BATIK




Untuk Motif di atas menggunakan tiga warna di antaranya;
* untuk warna dasar atau blok menggunakan warna seris
* untuk warna gecko luar menggunakan warna coklat
* dan sisanya seperti tribal, bungga dan tribal menggunakan warna putih.
Dan warna di atas bukan sebag…