15 Mar 2017

APA ITU REZEKI

Tags

Assalamualaikum sahabat, segala puji hanya bagi Allah S.W.T. Tuhan Semesta Alam. Senang rasanya bisa berbagi kembali melalui postingan sederhana ini yang kami beri judul; APA ITU REZEKI. Memang untuk Berbicara atau mengulas tentang rezeki cakupannya sangatlah luas, dan hampir dalam pergaulan keseharian, sepertinya kata-kata ini sering kita dengar, iya kan?

Mari kita perhatikan sejenak, di dalam bekerja biasanya kita selalu mengatakan mencari rezeki, kenapa tidak jika kita makan, tidur, belajar dan lain sebagainya? Apakah rezeki itu hanya sebatas u*ng? Tentu jawabannya akan relatif dalam pandangan seseorang, dan tentunya cara menilainyapun akan  berbeda-beda (tergantung dari kacamata mana mereka menilai).

Di sini kami mencoba menilai dari kenyataan dan pemahaman akan rezeki itu sendiri. Mari kita mengenal apa sesungguhnya rezeki itu? Sebelumnya mari kita melihat dalam QS. Al-Ankabut:60 - 62;

                       QS. AL-ANKABUT

Yang artinya;
→ Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allahlah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
→ Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka:" Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" tentu mereka akan menjawab: "Allah", maka betapakah mereka (dapat) di palingkan (dari jalan yang benar).
→ Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Tidak bisa di pungkir bahwasanya segala rezeki Allahlah yang mengatur dan memberi-Nya. Entah kita menyadari maupun tidak, tapi itulah yang sebenarnya. Lantas apa sebenarnya rezeki itu? Jadi rezeki itu ialah; Segala sesuatu yang bisa kita Nikmati. Kok bisa begitu?

Mari kita berfikir dengan hati yang lapang, apakah semua yang kita punyai itu adalah rezeki kita? Jawabannya ialah Belum Tentu.  Satu misal  ialah; seandainya kita memiliki pakaian yang banyak, yang tersimpan dalam almari pakaian, apakah kesemuanya itu milik kita? Tentu tidak, kok bisa? Apakah sobat mau memakai itu semua, pastinya yang di pakai dan nikmati hanya satu saja kan? itulah rezeki pakaian sobat. Yang lainnya kemungkinan rezeki pakaian untuk adik, saudara, teman atau orang lain. Begitu pula dengan contoh rezeki yang lainnya.

Sesungguhnya makanan, minuman, dan apapun itu  (yang baik) yang kita nikmati saat ini itulah rezek kita. Dan untuk sesuatu yang tersimpan yang belum di pakai berarti itu belum menjadi rezeki walaupun itu milik kita, karena di dalamnya masih ada hak untuk orang lain. Ini hanya sebagai gambaran kecil saja, karena pengertian rezeki tidak itu saja, sangatlah Luas dan tak terhitung jumlahnya. Hanya saja sering kali kita mempersempit arti dari rezeki itu sendiri.

Setelah kita mengetahui sedikit gambaran tentang rezeki, ada baiknya kita selalu bersyukur dengan semua itu. Janganlah berpandangan sempit tentang rezeki, coba perhatikan sekali lagi semua yang ada pada anggota tubuh sobat, apakah itu bukan rezeki? Berterima-kasihlah kepada Sang Pemberi Rezeki.
baca juga; Bersyukur.

Demikianlah postingan tentang Apa itu rezeki? Ini hanya sebagian kecil saja, masih begitu luas akan pengertiannya. Mari kita menjadi seorang hamba yang pandai bersyukur dengan semua pemberian-Nya, Aamiin.

Artikel Terkait