Skip to main content

BATIK SARONG PANTAI

SARONG PANTAI





Artikel yang berjudul BATIK SARONG PANTAI, kami merangkum artikel ini untuk sobat baca dan ambil informasi di dalamnya.
Batik Sarong pantai, tentu bagi yang belum memahami akan bertanya apa sih Batik sarong pantai?

Batik Sarong pantai adalah merupakan Kain yang sudah di beri motif atau gambar dengan mengunakan malam print atau lilin canting yang biasa di gunakan oleh seseorang saat bersantai di pantai, bisa juga di buat baju, Tas, ataupun bahan dasar Mukenah. Intinya bisa serbaguna.

Pembuatan Batik sarong pantai tidaklah serumit seperti Batik-batik lainnya, karena prosesnya tidak begitu lama, berbeda dengan pembuatan Batik tangan atau tulis yang proses dan pembuatan begitu rumit dan butuh waktu lama. Dan peminat Batik sarong pantai kebanyakan berasal dari Negara Prancis, Australia, dan Jepang. Untuk masyarakat di indonesia biasanya jenis batik sarong pantai di gunakan untuk Bahan Mukenah Bali dan Baju.

Perkembangan Batik sarong pantai khusus di kawasan wisata di Bali cukup menggiurkan karena para wisatawan yang berbelanja banyak yang berminat dengan jenis Batik ini. Harganya pun bervariasi, tergantung dari pembeli jika memesan lebih banyak tentu bisa mendapat potongan harga.





MODEL BATIK SARONG PANTAI


Banyak model dari Batik sarong pantai, di sini kami mencoba mengulas beberapa saja diantaranya;

1. BATIK STAMP SARONG PANTAI
Batik stamp atau cap merupakan batik yang menggunakan malam atau lilin yang di panaskan mengunakan tempat khusus seperti alat yang menyerupai pengorengan dan untuk motifnya menggunakan alat stamp. Setelah lilin panas, masukkan stemp kemudian di capkan pada kain sesuai dengan motif dan ukuran. 

Batik stamp Sarong pantai merupakan batik yang bisa di kerjakan siang maupun malam, ini karena warna yang di produksi dengan cara di celup. Jadi batik model ini sangat mudah untuk di jalankan.

2. BATIK CANTING SARONG BALI
Batik canting merupakan batik yang di buat dengan lilin yang di panaskan dan canting adalah alat untuk menuangkan lilin tersebut ke dalam kain. Batik sarong pantai canting banyak motif dan desaingnya, oleh karena itu model batik jenis ini bisa di bilang indah, tradisional dan banyak peminatnya.

3. BATIK PRINT SARONG PANTAI
Model ini termasuk baru, dan jenis ini sangat membantu dalam jumlah produksi.  Batik print adalah Batik yang menggunakan plangkan skrin untuk tempat malamnya kemudian di garuk dengan kayu khusus. Cara kerja jenis ini harus di lakukan oleh dua orang, berbeda dengan stamp dan canting yang bisa di lakukan sendiri.
Jadi batik print lebih simpel dan rapi, untuk hasil produksi batik sarong pantainya.

4. BATIK PRINT WARNA SARONG PANTAI
Batik jenis ini hampir sama dengan batik print. Perbedaannya ialah batik ini menggunakan warna khusus dan tidak memakan banyak waktu, sekali print, gantung dan lorot selesai. Jika batik print malam, di print, colet, di cek dan di lorot. Untuk hasil produksi sama rapi dan indah, menurut pendapat kami lebih baik batik print malam.

5. BATIK BESUT SARONG PANTAI
Untuk batik ini berbeda dengan diatas, karena hanya berupa motif dan dasar warna putih semua jadi pembuatan batik besut lebih praktik karena di lakukan sekali jadi. Karena untuk warna obat telah di matikan tampa perlu di lorot lagi. Kebanyak jenis ini di buat baju ataupun mukenah bali.



6. BATIK TD SARONG PANTAI
Batik sarong ini menurut kami paling rumit, karena banyak proses yang harus di lakukanya, pertama dari kain putih di bentuk lalu di tali sesuai motif menggunakan karet dan selanjutnya kain di beri waterglass yaitu semacam zat kimia pemati warna. Selanjutnya kain di taruh di luar ruangan dan harus kena sinar matahari langsung, lalu di kucur warna sesuai selera. Jenis batik td biasanya banyak di gunakan untuk sprei, karena motif bisa dibuat abstrak.


Ini adalah beberapa contoh batik sarong pantai, dan tentunya masih banyak lagi nama dan model dari batik sarong pantai. Demikianlah artikel tentang Batik Sarong Pantai,
Baca juga; Pengalaman tukang colet batik print warna
semoga dapat menambah pengetahuan welikealquran.blogspot.com

Comments

ARTIKEL TERKAIT

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami telah merangkum tentang warna-warna yang bisa di gunakan dalam pembuatan Batik Sarung  pantai, Batik colet. Supaya bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, dan Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.



Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis

MEMBUAT WARNA UNTUK GOLD

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif dan Warna dari Batik Colet. Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara Membuat warna untuk Gold.
Warna gold atau bahasa umumnya lebih di kenal dengan warna kuning keemasan.





Di dalam pembuatan batik colet, mengenal Warna merupakan faktor yang begitu penting, dan tentu saja selain faktor-faktor yang lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan mengetahui tentang warna akan mempermudah Sobat dalam hal profing Warna-warna untuk Kedepannya, (Bagaimana untuk Ukurannya, serbuk dasarnya dan berapa liter untuk setiap gramnya). Jika sobat ingin mengetahui tentang warna dari jenis Remasol ini, bisa membacanya di sini; Warna Jenis Remasol.



Nah...untuk bisa menghasilkan warna gold ini di butuhkan dua warna serbuk dasar dari jenis remasol di antaranya FG (kuning) dan 3R (merah). Dan untuk contoh warna dari gold ini, sobat bisa melihatnya seperti pada gambar di bawah ini;

WARNA GOLD UNTUK BATIK COLET

Setelah mengetahui Warna D…

MENGENAL WARNA JENIS REMASOL

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik sarong pantai ataupun Batik colet. Nah... Untuk Kesempatan kali ini kami ingin berbagi postingan tentang cara mengenal warna-warna dari jenis Remasol, yang nantinya bisa di pergunakan untuk pewarnaan batik colet.




Di dalam pembuatan seni batik colet tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam jenis warna seperti; Direk, polkatif, remasol dan yang lainnya. Di sini kami khususkan, hanya pada jenis remasol saja.

Dan Untuk mengetahui warna-warna dari jenis remasol ini, sobat bisa melihat beberapa contoh dibawah ini, (dan perlu di ketahui hanya untuk warna-warna yang biasa di pakai dalam proses pembuatan batik colet saja);

WARNA-WARNA DARI JENIS REMASOL;



1. FG {KUNING};
FG adalah bahan dasar dari jenis remasol yang berwarna kuning. Jadi jika sobat ingin membuat warna menjadi kuning yang di butuhkan cukup FG saja. Kecuali untuk membuat warna cream bisa memakai dua jenis warna dasar remasol seperti; FG da…

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

MALAM UNTUK PRINT
        Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet.
Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print).
Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri.



Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri.

MALAM PRINT BATIK

BAHAN-BAHAN;
Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di Bawah ini;
1. Gond…

BUAT WARNA MERAH BATIK COLET

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik colet. Nah...Untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang cara membuat warna merah untuk batik colet. Di dalam pembuatan batik, khususnya batik colet yang menggunakan warna dari jenis remasol tentu yang harus di ketahui adalah tentang warna-warna dasarnya terlebih dulu.



Nah...Untuk jenis remasol terdapat beberapa warna dasar seperti; BB, BN, 2R, KNR, 5R, BNH, FG, 3R, RB, GR, dan TQ. Nah...untuk warna dasar ini yang perlu di ketahui dan di pahami bila ingin membuat batik colet. Kenapa demikian? Karena Warna merupakan kombinasi perpaduan yang bisa membuat suatu batik menarik dan unik. Jika sobat ingin mengetahui proses mencampur warnanya silahkan membacanya di sini→ PROSES PENCAMPURAN WARNA .

             WARNA MERAH BATIK COLET

Di dalam membuat atau mencampur warna hingga menjadi warna merah di butuhkan warna dasar tiga. Di antaranya RB, 3R, dan GR. Meskipun demikian bisa juga menggunakan satu warna dasar saja yaitu…