Skip to main content

BATIK SARONG PANTAI

SARONG PANTAI





Artikel yang berjudul BATIK SARONG PANTAI, kami merangkum artikel ini untuk sobat baca dan ambil informasi di dalamnya.
Batik Sarong pantai, tentu bagi yang belum memahami akan bertanya apa sih Batik sarong pantai?

Batik Sarong pantai adalah merupakan Kain yang sudah di beri motif atau gambar dengan mengunakan malam print atau lilin canting yang biasa di gunakan oleh seseorang saat bersantai di pantai, bisa juga di buat baju, Tas, ataupun bahan dasar Mukenah. Intinya bisa serbaguna.

Pembuatan Batik sarong pantai tidaklah serumit seperti Batik-batik lainnya, karena prosesnya tidak begitu lama, berbeda dengan pembuatan Batik tangan atau tulis yang proses dan pembuatan begitu rumit dan butuh waktu lama. Dan peminat Batik sarong pantai kebanyakan berasal dari Negara Prancis, Australia, dan Jepang. Untuk masyarakat di indonesia biasanya jenis batik sarong pantai di gunakan untuk Bahan Mukenah Bali dan Baju.

Perkembangan Batik sarong pantai khusus di kawasan wisata di Bali cukup menggiurkan karena para wisatawan yang berbelanja banyak yang berminat dengan jenis Batik ini. Harganya pun bervariasi, tergantung dari pembeli jika memesan lebih banyak tentu bisa mendapat potongan harga.





MODEL BATIK SARONG PANTAI


Banyak model dari Batik sarong pantai, di sini kami mencoba mengulas beberapa saja diantaranya;

1. BATIK STAMP SARONG PANTAI
Batik stamp atau cap merupakan batik yang menggunakan malam atau lilin yang di panaskan mengunakan tempat khusus seperti alat yang menyerupai pengorengan dan untuk motifnya menggunakan alat stamp. Setelah lilin panas, masukkan stemp kemudian di capkan pada kain sesuai dengan motif dan ukuran. 

Batik stamp Sarong pantai merupakan batik yang bisa di kerjakan siang maupun malam, ini karena warna yang di produksi dengan cara di celup. Jadi batik model ini sangat mudah untuk di jalankan.

2. BATIK CANTING SARONG BALI
Batik canting merupakan batik yang di buat dengan lilin yang di panaskan dan canting adalah alat untuk menuangkan lilin tersebut ke dalam kain. Batik sarong pantai canting banyak motif dan desaingnya, oleh karena itu model batik jenis ini bisa di bilang indah, tradisional dan banyak peminatnya.

3. BATIK PRINT SARONG PANTAI
Model ini termasuk baru, dan jenis ini sangat membantu dalam jumlah produksi.  Batik print adalah Batik yang menggunakan plangkan skrin untuk tempat malamnya kemudian di garuk dengan kayu khusus. Cara kerja jenis ini harus di lakukan oleh dua orang, berbeda dengan stamp dan canting yang bisa di lakukan sendiri.
Jadi batik print lebih simpel dan rapi, untuk hasil produksi batik sarong pantainya.

4. BATIK PRINT WARNA SARONG PANTAI
Batik jenis ini hampir sama dengan batik print. Perbedaannya ialah batik ini menggunakan warna khusus dan tidak memakan banyak waktu, sekali print, gantung dan lorot selesai. Jika batik print malam, di print, colet, di cek dan di lorot. Untuk hasil produksi sama rapi dan indah, menurut pendapat kami lebih baik batik print malam.

5. BATIK BESUT SARONG PANTAI
Untuk batik ini berbeda dengan diatas, karena hanya berupa motif dan dasar warna putih semua jadi pembuatan batik besut lebih praktik karena di lakukan sekali jadi. Karena untuk warna obat telah di matikan tampa perlu di lorot lagi. Kebanyak jenis ini di buat baju ataupun mukenah bali.



6. BATIK TD SARONG PANTAI
Batik sarong ini menurut kami paling rumit, karena banyak proses yang harus di lakukanya, pertama dari kain putih di bentuk lalu di tali sesuai motif menggunakan karet dan selanjutnya kain di beri waterglass yaitu semacam zat kimia pemati warna. Selanjutnya kain di taruh di luar ruangan dan harus kena sinar matahari langsung, lalu di kucur warna sesuai selera. Jenis batik td biasanya banyak di gunakan untuk sprei, karena motif bisa dibuat abstrak.


Ini adalah beberapa contoh batik sarong pantai, dan tentunya masih banyak lagi nama dan model dari batik sarong pantai. Demikianlah artikel tentang Batik Sarong Pantai,
Baca juga; Pengalaman tukang colet batik print warna
semoga dapat menambah pengetahuan welikealquran.blogspot.com

Comments

ARTIKEL TERKAIT

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

   MALAM UNTUK PRINT         Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet. Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print). Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri. Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri. MALAM PRINT BATIK BAHAN-BAHAN; Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di

CONTOH WARNA CRIMSON

Hi...sobat untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi postingan tentang Contoh warna crimson yang biasa di gunakan dalam proses mewarna batik colet. Warna crimson, adapun komposisinya ialah, R. RB = 20 R. FG = 2 Di isi dengan satu liter air, jika kurang jelas silahkan tinggalkan komentar di bawah. BACA JUGA Belajar warna batik dan mengenal batik sarong pantai

CONTOH WARNA FAIR AQUA

  Hi...sobat, untuk postingan kali ini Kami ingin memperkenalkan tentang contoh warna untuk Fair Aqua. Sebelumnya perlu di ketahui juga, untuk Bahan kain yang bisa di gunakan adalah dari Jenis Rayon, seperti RK3, jangger dan lainnya. Sedangkan untuk warna bisa mengunakan Jenis Remasol. Nah...untuk contoh warna-nya seperti di bawah ini; CONTOH WARNA FAIR AQUA Warna ini nantinya bisa di gunakan dalam proses pembuatan batik sarung pantai, batik colet, celup, batik canting, Baju, kebaya dan lainnya. Karena biasanya dalam pencarian warna baru (profing), di butuhkan waktu yang relatif lama, oleh sebab itu di sini kami ingin mempermudah dan memperkenalkan tentang warna-warna jenis remasol, Apa itu Remasol ? Bagaimana cara membuat dan pencampuran warna untuk bisa menghasilkan warna tersebut?, sedikit saran Bagi yang belum mengetahui tentang jenis Remasol ada baiknya untuk membacanya terlebih dahulu, dan bagi yang sudah terbiasa berkecimpung dalam Dunia Warna monggo di lanjutk

MOTIF BATIK SARONG PANTAI MAP FLOWERS

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blog kami yang mengulas tentang motif-motif batik sarong pantai. Nah...pada kesempatan yang baik ini, kami ingin memperkenalkan kembali satu motif batik map flowers. Di bawah ini merupakan satu contoh dari motif batik map flowers dengan warna dasar Hitam;           Motif batik sarong pantai Pada kesempatan sebelumnya Kami juga mengulas tentang motif batik tiare double. Jika sobat belum mengetahui informasi dan ingin melihat, kami persilahkan untuk membaca di → SINI Motif di atas, merupakan batik yang mengunakan print malam, berbeda dengan batik tulis ataupun batik canting dan stemp. Karena Batik jenis ini lebih menarik dan rapi. Motif batik map flowers biasanya di pergunakan oleh para wisatawan di bali untuk sarong pantai. Akan tetapi untuk sekarang banyak yang di pergunakan untuk menjadi Model baju terusan atau blus wanita. Sedangkan untuk pria juga di pergunakan menjadi kemeja atau baju pantai. Memang jika untuk berbisnis sarong pantai